Seksi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan


  • Seksi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan merupakan satuan pelaksana Bidang PIAK dan Pemanfaatan Data dalam pelaksanaan sistem informasi administrasi kependudukan dipimpin oleh seorang kepala seksi yang berkedudukan dibawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Bidang PIAK dan Pemanfaatan Data.
  • Seksi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan perencanaan, perumusan kebijakan teknis, pembinaan dan koordinasi serta pelaksanaan sistem informasi administrasi kependudukan, tata kelola teknologi informasi dan komunikasi serta sumber daya manusianya.
  • Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (2), Seksi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan menyelenggarakan fungsi:
  1. menyusun bahan Renstra, Renja, RKA Dinas sesuai lingkup tugasnya;
  2. melaksanakan DPA Dinas sesuai lingkup tugasnya;
  3. melaksanakan pengelolaan dokumen kependudukan dengan sistem informasi administrasi kependudukan;
  4. melaksanakan perawatan database, jaringan komunikasi data dan perangkat keras komputer yang terangkum dalam sistem informasi adminstrasi kependudukan mulai dari Dinas sampai Kecamatan;
  5. melaksanakan pengawasan tata kelola teknologi informasi dan komunikasi;
  6. melaksanakan pengawasan sumber daya manusia pengelola teknologi informasi dan komunikasi;
  7. melaksanakan pengembangan aplikasi SIAK;
  8. melaksanakan perekaman biometric penduduk;
  9. melaksanakan pengawasan tata kelola teknologi informasi dan komunikasi serta sumber daya manusianya di tempat perekaman data kependudukan di kecamatan;
  10. melaksanakan dukungan teknis pelayanan dokumen administrasi kependudukan;
  11. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang; dan
  12. melaporkan dan mempertanggunjawabkan tugas Seksi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan.