Seksi Pelayanan Pencatatan Sipil


  • Seksi Pelayanan Pencatatan Sipil merupakan satuan pelaksana Bidang Pelayanan Administrasi Kependudukan dalam pelaksanaan pelayanan pencatatan kelahiran, kematian, perkawinan, perceraian, perubahan nama dan pengakuan, pengesahan dan pengangkatan anak.
  • Seksi Pelayanan Pencatatan Sipil mempunyai tugas melaksanakan pelayanan pencatatan sipil.
  • Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (2), Seksi Pelayanan Pencatatan Sipil mempunyai uraian tugas sebagai berikut :
  1. menyusun bahan Renstra, Renja, RKA Dinas sesuai lingkup tugasnya;
  2. melaksanakan DPA Dinas sesuai lingkup tugasnya;
  3. mempersiapkan kelengkapan pelayanan kegiatan pencatatan kelahiran, kematian, perkawinan, perceraian, perubahan nama dan pengakuan, pengesahan dan pengangkatan anak;
  4. melaksanakan pelayanan pencatatan kelahiran, kematian, perkawinan, perceraian, perubahan nama dan pengakuan, pengesahan dan pengangkatan anak;
  5. melaksanakan pencatatan kelahiran, kematian, perkawinan, perceraian, perubahan nama dan pengakuan, pengesahan dan pengangkatan anak;
  6. menerbitkan kutipan akta kelahiran, kematian, perkawinan, perceraian, perubahan nama dan pengakuan, pengesahan dan pengangkatan anak;
  7. menyerahkan kutipan akta kelahiran, kematian, perkawinan, perceraian, perubahan nama dan pengakuan, pengesahan dan pengangkatan anak kepada penduduk;
  8. melaksanakan pembatalan akta perkawinan sesuai perintah pengadilan;
  9. melaksanakan fasilitasi perkawinan campuran dan penganut aliran kepercayaan;
  10. melaksanakan pelayanan legalisasi dokumen kependudukan sesuai kewenangannya;
  11. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang; dan
  12. melaporkan dan mempertanggungjawabkan tugas Seksi Pelayanan Pencatatan Sipil.