Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-72 di Doloksanggul


Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE: Kemerdekaan Diraih Pahlawan Bangsa Dengan Perjuangan Berat dan Pengorbanan Luar Biasa

 

Kemerdekaan bukanlah suatu hadiah ataupun pemberian yang diterima secara cuma-cuma, namun kemerdekaan dapat diraih Pahlawan Bangsa dengan perjuangan berat dan pengorbanan yang luar biasa. Demi terwujudnya tujuan luhur bangsa yaitu melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpa darah Indonesia, memajukan kesejahteran umum, mencerdaskan kehidupan bangsa serta ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

Demikian disampaikan Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE dalam upacara memperingati detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-72, Kamis (17/8) di Tanah Lapang Merdeka Doloksanggul.  Dikatakan Bupati lagi, kemerdekaan RI sudah 72 tahun, hingga saat ini bangsa dan negara Indonesia tetap eksis, berkembang dan kokoh.  Bila direnungkan perjalanan sejarah perjuangan bangsa dalam merebut kemerdekaan, selayaknya kita sampaikan ungkapan terimakasih dan penghormatan yang setinggi-tingginya kepada para pejuang pahlawan bangsa.  Yang telah berjuang dengan jiwa dan raga dalam merebut kemerdekaan dari penjajah walaupun sampai dengan tetesan darah dan air mata.

Pahlawan dan para pejuang yang telah gugur merebut kemerdekaan sudah sepatutnya Bangsa Indonesia mengisi kemerdekaan itu dengan karya-karya nyata. Peringatan HUT kemerdekaan RI yang ke-72 tahun 2017 ini mengambil tema “Indonesia Kerja Bersama”.  Isi tema itu menekankan tiga (3) hal pokok yaitu  agar seluruh penyelenggara negara baik sebagai eksekutif, yudikatif dan legislatif dalam melaksanakan fungsinya dapat bekerja sama melayani masyarakat. Agar seluruh komponen masyarakat dan pemangku kepentingan bersama-sama dengan pemerintah bersatu padu dan berperan aktif dalam mendukung penyelenggaraan pemerintahan dalam pelaksanaan pembangunan. Kemudian agar seluruh lapisan masyarakat dapat meningkatkan kehidupan bergotong-royong untuk mempercepat laju pertumbuhan ekonomi dan mempererat jalinan kasih dan kepedulian antara lapisan masyarakat mulai dari pelosok desa sampai dengan ke kota.

Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE juga mengatakan Kabupaten Humbang Hasundutan sudah berusia 14 tahun tepatnya 28 Juli 2017 lalu. Humbang Hasundutan boleh bangga dengan berbagai prestasi yang diperoleh.  Pemkab Humbang Hasundutan telah berusaha mengisi kemerdekaan dengan melakukan upaya pembangunan di segala sektor. Namun demikian masih banyak kebutuhan masyarakat Humbang Hasundutan yang perlu ditingkatkan pelayanannya dengan tetap mengacu dan berlandaskan motto Kabupaten Humbang Hasundutan yaitu “Bekerja Keras, Bekerja Cerdas dan Bekerja Serius”.  Pembangunan di Humbahas akan dilaksanakan secara cermat dengan menetapkan skala prioritas dimulai dengan perbaikan sistem pemerintahan birokrasi menuju good governance dan clean governance. Sehingga visi pemerintah menuju Kabupaten Humbang Hasundutan yang hebat dan bermentalitas unggul dapat terwujud.

Dalam upacara itu,  Bupati menyampaikan terimakasih kepada seluruh jajaran aparatur Pemkab Humbahas baik yang bertugas di kabupaten, kecamatan dan desa yang telah berkarya dan bekerja dengan sunguh-sungguh dalam penyelenggaraan roda pemerintahan. Pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan. Bupati menghimbau agar tetap membina kerjasama, tingkatkan terus pengabdian dan karya nyata melalui profesionalisme, produktifitas dan displin serta etos kerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing. Ucapan terimakasih juga disampaikan kepada TNI, Polri serta seluruh elemen masyarakat sehingga Kabupaten Humbang Hasundutan tetap dalam situasi dan kondisi yang sejuk dan kondusif serta bersahaja.

Khusus kepada generasi muda dan anak-anak para pelajar yang masih duduk dibangku SD,SMP, SMA termasuk mahasiswa agar benar-benar mempersiapkan diri sebagai calon pemimpin bangsa dan generasi penerus di masa mendatang. Hindarkan diri dari penyakit sosial masyarakat seperti penyalahgunaan narkoba, minuman keras dan judi. Jauhkan tindakan kekerasan dan pertikaian. Satu hal lagi yang penting tetaplah memegang teguh semboyan “bekerja keras, bekerja cerdas dan bekerja serius”.

Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor juga mengajak masyarakat Humbang Hasundutan baik di bona pasogit maupun di perantauan untuk bergandengan tangan dalam percepatan jalannya pembangunan dan saling menopang untuk saling menguatkan dengan landasan ikatan kasih seperti semboyan Batak Dalihan Natolu yaitu Somba Marhula-hula, Elek Marboru, Manat Mardongan Tubu. Ini dapat diterapkan dalam pelaksanaan roda pemerintahan melalui mekanisme yang ada yakni musyawarah untuk merumuskan skala prioritas pembangunan dengan tetap mengacu pada aturan dan peraturan yang ada.  Hindarkan kepentingan pribadi dan kelompok tetapi wujudkan kebersamaan melalui kegiatan pemberdayaan gotong-royong masyarakat untuk membangun bangsa dan Kabupaten Humbang Hasundutan. Jaga dan lestarikan sumber daya alam dengan mengedepankan arti pentingnya penataan lingkungan hidup serta tetap menjaga, memelihara segenap hasil-hasil pembangunan untuk dinikmati anak cucu dimasa mendatang.

Sebagai wujud kesetiaan kepada tanah air, akhir sambutannya Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE  dengan penuh semangat dan gegap gempita, mengucapkan tiga kali salam perjuangan Indonesia yaitu Merdeka……. Merdeka……… Merdeka. Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 tahun 2017.  Sebelum Bupati Humbahas menyampaikan sambutan, terlebih dahulu dilaksanakan pengibaran bendera merah putih oleh Paskibra dan berjalan dengan lancar.

Dalam acara detik-detik proklamasi itu, Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE tampil sebagai inspektur upacara dengan komandan upacara Kapolsek Doloksanggul AKP Bazoka. Proklamasi dibacakan Ketua DPRD Humbahas Manaek Hutasoit AMd.

Berbagai kegiatan dalam HUT Kemerdekaan RI ke-72 dilaksanakan antara lain pertunjukan drama Raja Sisingamangara, penampilan marching band dari berbagai unit sekolah baik tingkat PAUD, SD dan SMP sehingga suasana kemerdekaan itu bisa dirasakan seluruh elemen masyarakat.  Bukan hanya itu saja, penyerahan tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya kepada aparatur pemerintah di lingkungan Pemkab Humbang Hasundutan juga diberikan kepada 426 orang. Satyalancana Karya Satya xxx tahun 163 orang, xx tahun 128 dan x tahun 135 orang. Tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya itu disematkan langsung Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE sedangkan piagam diserahkan Wakil Bupati Humbahas Saut Parlindungan Simamora. Piala, piagam dan uang pembinaan kepada pemenang lomba kader posyandu tingkat Kabupaten Humbang Hasundutan 2017 juga diserahkan. Juara 1 Posyandu Sehati dari Desa Sigalogo Kecamatan Onanganjang di wilayah kerja Puskesmas Onanganjang, juara 2 Posyandu Plamboyan Desa Pasaribu Doloksanggul di wilayah kerja Puskesmas Matiti dan juara 3 Posyandu Pinus I Desa Simarigung Kecamatan Doloksanggul di wilayah kerja Puskesmas Saitnihuta.  Piala, piagam dan uang pembinaan diserahkan Bupati Humbang Hasundutan bersama-sama dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah didampingi TP PKK.

Hadir dalam HUT RI ke-72 itu, Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE, Wakil Bupati Humbahas Saut Parlindungan Simamora, Kajari Humbahas Zaidar Rasepta SH MM, Kapolres Humbahas AKBP Nicolas Ary Lilipaly SIK, Ketua DPRD Humbahas Manaek Hutasoit, Wakil Ketua DPRD Humbahas Jimmy T Purba SE, Sekdakab Saul Situmorang SE MSi, Pabung 0210/TU Mayor Junaedi Tarigan, Wakil Ketua PN Tarutung Eko Julianto SH, Ketua TP PKK Ny Lidia Kristina Dosmar Banjarnahor, Wakil Ketua TP PKK Ny Tiur Mariati Saut Parlindungan Simamora, Ketua DWP Ny Betty Saul Situmorang, tokoh agama, tokoh masyarakat dan berbagai elemen masyarakat termasuk LVRI.(rhs/Diskominfo)