BUPATI HUMBAHAS SALURKAN 44 UNIT ALSINTAN PENGADAAN KEMENTERIAN


Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor didampingi Kepala Balai Pengkajian Teknologi Peranian (BPTP) Sumut Andriko Noto Susanto secara sombolis menyerahkan alsintan kepada kelompok tani asal Desa Parsingguran Kecamatan Pollung.

Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor didampingi Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sumut Andriko Noto Susanto secara simbolis menyerahkan alsintan kepada kelompok tani asal Desa Parsingguran Kecamatan Pollung.

Doloksanggul–Kelompok Tani (Poktan) daerah Kabupaten Humbang Hasundutan menerima bantuan sebanyak 44 unit Alat Mesin Pertanian (Alsintan) yang diserahkan langsung oleh Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor di Kompleks Bukit Inspirasi, Senin (20/6). Bantuan alsintan tersebut berasal dari bantuan Kementerian Pertanian melalui Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian periode pertama tahun 2016. Ke-44 alsintan itu terdiri dari 42 unit traktor roda dua dan 2 unit mesin perontok padi.

Tujuan bantuan diserahkan kepada koptan (kelompok tani) agar produksi pertanian di Kabupaten Humbahas terus meningkat lebih baik.

“Bantuan ini merupakan bagian dari program Kementerian Pertanian yang dikelola Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian, yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas petani, termasuk Humbahas yang berkontribusi besar bagi peningkatan penghasilan petani. Juga sebagai upaya percepatan swasembada pangan dan beras yang tengah didengungkan oleh pemerintah saat ini,” terang Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sumut Andriko Noto Susanto pada acara  penyerahan alsintan.

Dia menambahkan, untuk memiliki daya saing dibidang pertanian, petani membutuhkan terobosan dalam hal alat mekanisasi pertanian yang modern.

“Besar harapan kami, agar kelompok tani dapat merawat dan menjaga bantuan yang diberikan agar dapat bermanfaat dengan baik yang pada akhirnya berkontribusi juga bagi pembangunan pertanian di Kabupaten Humbahas,” pesannya.

Pada kesempatan itu Bupati Humbahas, Dosmar Banjarnahor memotivasi para kelompok tani penerima bantuan alsintan untuk dapat memanfaatkannya dengan sebaik mungkin, sehingga tujuan pemerintah menyerahkan bantuan ini mencapai sasaran pertanian pajale (padi, jagung dan kedelai).

“Melalui pemberian alsintan ini kita berharap kedepan para petani menghasilkan ragam pangan sehat dan kesejahteraan petani meningkat,” ujarnya.

Dia juga meminta sekaligus mengingatkan kelompok tani penerima agar tidak bermain main dengan alsintan tersebut, tetapi benar- benar mempergunakanya dengan baik, jadiah kelompok tani yang berkualitas”.

“Alsintan ini diharapkan menjadi aset poktan, mengenai pengelolaannya kita serahkan sepenuhnya kepada poktan supaya bisa meningkatkan luas lahan dan produktivitas pertanian masyarakat makin meningkat,” ujarnya.

Sebelumnya Kepala Dinas Pertanian Humbahas Happy Silitonga yang dikonfirmasi menjelaskan bahwa alsintan tersebut merupakan pengadaan langsung dari Kementerian Pertanian yang penyalurannya berdasarkan E-Proposal.

“Kita ada usulkan 260 unit traktor roda dua, Excavator sebanyak 2 unit dan sejumlah mesin perontok padi. Namun untuk tahap pertama baru sebanyak 44 alsintan yang dikirim dari Kementan. Mudah-mudahan tahap selanjutnya usulan kita itu disanggupi,” terangnya.

Pengadaan alat tersebut lanjutnya guna meningkatkan swasembada pangan tiga komoditas utama yakni padi, jagung dan kedelai (pajale). (boy/ek-kominfo)